Prinsip Bekerja bagi Tuhan

Keluaran 36:1-35

Bezael, Oholiab, dan semua pekerja yang sudah diberi ketrampilan dan kemampuan oleh Tuhan mulai bekerja sesuai dengan apa yang Tuhan sudah perintahkan. Tidak hanya pengetahuan dan ketampilan yang dari Tuhan, tetapi mereka harus menggunakannya untuk melakukan pekerjaan sesuai kehendak Tuhan–tidak menurut gagasan/selera/keinginan mereka sendiri.

Persembahan sukarela untuk membangun Bait Allah sudah melebihi dari apa yang diperlukan. Sehingga Musa mengumumkan agar umat berhenti untuk memberikan persembahan bagi pekerjaan Tuhan tersebut, sebab semua yang diperlukan sudah terkumpul lebih dari cukup. Diperlukan kejujuran untuk mengatakan bahwa dukungan itu sudah cukup. Tidak tergoda oleh ketamakan untuk mengumpulkan lebih dari yang diperlukan!

Prinsip penting dalam mengerjakan pekerjaan Tuhan: (1) rencana dan cara pelaksanaan harus sesuai perintah Tuhan; (2) pengetahuan dan skill untuk mengerjakan berasal dari Tuhan; (3) pencukupan kebutuhan pendukung sesuai aturan Tuhan.

Sikap yang harus dimiliki para pelayan Tuhan: (1) tunduk–mengerjakan pelayanan tepat seperti yang diperintahkan Tuhan; (2) rajin untuk memakai talenta dan pengetahuan yang diberikan oleh Tuhan; (3) tidak tamak, mencari/memakai sumber daya pendukung secukupnya, sesuai dengan apa yang memang diperlukan.

Views: 163

This entry was posted in Keluaran, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *