Bukti Penyertaan Tuhan

Kejadian 21:22-34

Abimelekh melihat bukti-bukti bahwa Tuhan menyertai Abraham dalamm segalla hal yang dilakukan. Kesadaran akan penyertaan Allah atas Abraham itu yang mendorong Abimelekh untuk mengikat perjanjian dengan Abraham, supaya Abraham tidak berlaku jahat kepadanya, keturunannya, dan negeri yang ditempati Abraham.

Dalam kesempatan membuat perjanjian itu, Abraham meminta pengakuan Abimelekh mengenai kepemilikan Abraham atas sebuah sumur yang telah dirampas oleh hamba-hamba Abimelekh. Selama ini Abraham tidak memberitahu Abimelekh tentang perampasan itu, dan baru sekarang Abraham mengangkat itu itu untuk diselesaikan. Perjanjian dibuat, dan Abimelekh secara resmi mengakui kepemilikan Abraham dan mengembalikan sumur itu kepada Abraham.

Setelah perjanjian itu dibuat, Abraham menanam sebatang pohon tamariska di lokasi perjanjian itu–yang diberi nama Bersyeba. Dan Abraham memanggil nama TUHAN, Allah yang kekal. Bentuk penyembahan Abraham kepada Tuhan; bentuk pengakuan dan ucapan syukur kepada Tuhan untuk penyertaan dan berkat yang sudah diterima Abraham.

Tuhan, ijinkanlah agar hidup saya menampakkan bukti-bukti pengenalan saya akan Engkau dan bukti-bukti penyertaanMu atas hidup saya. Sehingga orang-orang di sekitar saya dapat melihat dan kemudian juga mengenal Engkau dan mendapatkan berkatMu.

Views: 7

This entry was posted in Kejadian, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *