Berkat atau Kutuk

Ulangan 28:1-68

Sejarah mencatat, sekalipun sudah ditulis secara detil berkat-berkat yang akan diberikan oleh TUHAN maupun konsekuensi dari dosa dan pelanggaran terhadap perintah TUHAN, namun umat TUHAN tetap saja jatuh ke dalamnya. Dan semua kutuk dan hukuman yang ada di dalam daftar itu benar-benar terjadi atas mereka. TUHAN tidak pernah hanya menggertak atau menakut-nakuti–hukumannya itu nyata dan pasti terjadi. tetapi, janji berkat TUHAN juga bukan hanya janji kosong, melainkan benar-benar nyata.

Ayat 1-14. Apabila umat TUHAN baik-baik (dengan sungguh-sungguh) mendengarkan firman TUHAN dan melakukan segala perintah TUHAN dengan setia, maka TUHAN akan mengangkat mereka di atas segala bangsa di bumi, dan akan memberikan segala berkat-berkat untuk menjadi bagian mereka. Ada dua hal yang dijanjikan TUHAN: (1) kemuliaan umat TUHAN di atas bangsa-bangsa lian; (2) berbagai macam berkat diberikan–berkat TUHAN di dalam segala aspek kehidupan.

Syaratnya adalah: umat TUHAN mendengarkan perintah TUHAN dan melakukannya dengan setia; umat TUHAN tidak menyimpang ke kiri dan kekanan dari segala perintah TUHAN dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya. Pelanggaran yang paling mendasar adalah: mengikuti allah lain dan beribadah kepadaya–karena dengan demikian, seseorang meninggalkan semua perjanjian dan ketetapan TUHAN. The ultimate sin, the first and foremost sin is to worship other gods.

Penyembahan seseorang akan menentukan cara hidupnya. Apa atau siapa yang disembah oleh seseorang akan mempengaruhi dan menentukan cara hidupnya, cara pandang, tata nilai, prinsip, dan praktik perilakunya. Ketika seseorang berpaling dari TUHAN untuk menyembah allah lain, maka kehidupannya akan berubah–ia akan mengikuti cara hidup yang sesuai karakter allah yang disembahnya. Siapa menyembah dan beribadah kepada TUHAN, maka kehidupannya akan mencerminkjan sifat-sifat TUHAN. Dan kehidupan seperti itu adalah kehidupan yang diperkenan TUHAN.

Ayat 15-68. Daftar kutuk dan hukuman TUHAN sangat panjang dan mengerikan. Kutuk dan hukuman yang akan dijatuhkan kemada umat TUHAN ketika mereka tidak mendengarkan suara TUHAN dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya. Daftar hukuman yang tidak hanya dinyatakan dengan cara yang umum, tetapi sampai sangat detil bencana, kesusahan, dan kesesakan yang akan dialami orang yang meninggalkan TUHAN.

Penerapan:
Terus mengingat bahwa kosekuensi dan hukuman dosa itu bukan gertakan untuk menakut-nakuti, tetapi benar-benar nyata. Supaya saya berhati-hati dalam hidup, supaya saya berhati-hati untuk mentaati Tuhan.

Views: 196

This entry was posted in Perjanjian Lama, Refleksi, Ulangan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *