Disiplin Untuk Mengingat Pekerjaan TUHAN

Ulangan 16:1-17

Perintah TUHAN kepada umat-Nya untuk melakukan peringatan-peringatan pada waktu-waktu tertentu, dalam rangka menolong Israel untuk mengingat pekerjaan TUHAN atas mereka seumur hidup mereka. Ada tiga peringatan yang ditetapkan pada bagian ini: Peringatan Paskah (ayat 1-8), Peringatan Savuot atau Pentakosta (ayat 9-12), dan Peringatan Pondok Daun (ayat 13-17). Tiga kali setahun setiap orang laki-laki Israel harus menghadap TUHAN untuk merayakan ketiga peringatan ini di tempat yang TUHAN tetapkan.

Paskah dilakukan untuk mengingat hari atau malam ketika TUHAN mengeluarkan Israel dari Mesir (ayat 3). Dilakukan pada bulan Abib (ayat 1), peringatan Paskah tidak bisa dilakukan di sembarang tempat, tetapi harus dilakukan di tempat yang ditetapkan oleh TUHAN (ayat 2,5-6). Ritual Paskah dilakukan selama tujuh hari, di mana selama itu tidak boleh ada ragi di seluruh Israel. Pada hari/petang pertama, dipersembahkan korban Paskah ketika matahari terbenam; korban itu dimasak dan di makan pada malam itu di tempat yang ditetapkan TUHAN. Selama enam hari mereka harus makan roti tak beragi, dan pada hari ketujuh, diadakan perkumpulan raya bagi TUHAN (ayat 8).

Pentakosta dilakukan tujuh minggu setelah Paskah, ataupada hari ke-50, itulah sebabnya disebut sebagai Pentakosta (ayat 9). Peringatan ini dilakukan dalam bentuk perayaan, bersukaria di hadapan TUHAN. Diikuti oleh semua umat TUHAN di tempat yang ditetapkan oleh TUHAN (ayat 11-12). Dalam perayaan ini, umat TUHAN diperintahkan membawa persembahan sukarela sesuai berkat yang diterima dari TUHAN (ayat 10). Pentakosta dilakukan sebagai ungkapan sukacita karena umat TUHAN sudah dibebaskan dari perbudakan (ayat 12).

Pondok Daun dilakukan pada bulan Tishri, pada masa akhir panen (Imamat 23:39) untuk mengingat bahwa umat TUHAN pernah tinggal di kemah-kemah atau pondok-pondok selama mereka mengembara di padang gurun (Imamat 23:43). Perayaan dilakukan dengan penuh sukacita selama tujuh hari di tempat yang ditetapkan oleh TUHAN. Selama perayaan, umat TUHAN harus tinggal di pondok-pondok yang mereka buat (ayat 15). Perayaan ini juga merupakan ucapan syukur atas hasil bumi, dan TUHAN menjanjikan akan memberkati umat-Nya dalam segala usaha mereka (ayat 15).

Ada tiga pekerjaan besar Tuhan atas umat-Nya yang diperingati: (1) pekerjaan penebusan atau pembebasan dari perbudakan, sehingga Israel menjadi bangsa yang merdeka dan dikhususkan menjadi umat kepunyaan TUHAN–Paskah; (2) pekerjaan pemeliharaan selama perjalanan umat TUHAN dari perbudakan Mesir menuju ke Tanah Perjanjian–perlindungan, pimpinan, dan pemeliharaan TUHAN yang setia; dan (3) pekerjaan pelimpahan berkat kepada umat TUHAN atas pertanian, perternakan, dan segala usaha atau pekerjaan yang mereka lakukan.

Penerapan:
Mengingat pekerjaan Tuhan atas hidup saya dalam hal: pemberian keselamatan dan penebusan dosa, pimpinan dan penyertaan dalam perjalanan mencapai tujuan, serta curahan berkat dan pencukupan kebutuhan hidup.

Views: 8

This entry was posted in Perjanjian Lama, Refleksi, Ulangan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *