Sujud dan Taat kepada TUHAN

Mazmur 99:1-9

TUHAN adalah Raja yang memerintah segala sesuatu. TUHAN memerintah atas umat-Nya dan menegakkan hukum-hukum-Nya. Ia tidak membiarkan umat-Nya menebak-nebak apa yang dikehendaki-Nya, tetapi Ia memberikan hukum dan ketetapan-Nya kepada umat-Nya melalui hamba-hamba-Nya. TUHAN tidak berdiam diri, tetapi berbicara dan mengutarakan apa yang Ia kehendaki kepada umat-Nya. Maka, bagaimana umat Tuhan harus hidup?

Ayat 1-5. TUHAN itu Raja yang Mahabesar, yang berkuasa di sorga dan di bumi, berkuasa atas manusia dan atas makhluk sorgawi. TUHAN itu Raja yang Kuat, Ia mencintai hukum, menegakkan kebenaran dan keadilan-Nya di antara umat-Nya. Maka sikap yang harus dimiliki manusia adalah: meninggikan TUHAN, sujud menyembah TUHAN.

Ayat 6-9. TUHAN Yang Maha Besar, Mahatinggi, dan Mahaadil itu telah berkomunikasi dengan hamba-hamba-Nya. Ia berbicara kepada Musa dan Harun, imam-imam yang dipilih-Nya. Ia berbicara kepada Samuel, Hakim pilihan-Nya. Mereka ini berseru kepada TUHAN dan Ia menjawab mereka. TUHAN berbicara kepada mereka, dan mereka berpegang kepasa peringatan dan ketetapan yang diberikan-Nya kepada mereka. TUHAN mengampuni mereka, tetapi TUHAN juga membalas perbuatan-perbuatan mereka.

Penerapan:
Hidup yang sesuai dengan sifat Tuhan adalah: (1) sujud menyembah Tuhan dengan takut dan gentar, sebab sebagai Raja dan Hakim, Tuhan mengadili semua orang, membalas perbuatan saya; (2) mempelajari, memperhatikan, dan mentaati ketetapan/hukum yang sudah diberikan Tuhan di dalam firman Tuhan dan yang dinyatakan melalui hamba-hamba-Nya.

Views: 6

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *