Tuhan, Sumber Panen yang Limpah

Mazmur 65:1-14

Ada yang menafsirkan bahwa mazmur ini ditulis Daud untuk dinyanyikan pada waktu umat membawa buah pertama dari panen mereka ke hadirat Tuhan. Mazmur ini berisi nyanyian untuk menyambut panen yang melimpah. Pengakuan bahwa panen itu merupakan berkat dan kebaikan Tuhan. Sesungguhnyalah Tuhan yang menjadi sumber berkat dan keberhasilan!

Ayat 1-4. Daud menyatakan bahwa umat Tuhan memuji Tuhan di Sion, mereka akan memenuhi nazar mereka kepada Tuhan. Umat datang menghadap Tuhan, untuk menerima pengampunan dari Tuhan. Betapa diberkati orang yang dipilih Tuhan dan dibawa Tuhan untuk datang ke hadirat-Nya. Umat Tuhan dipenuhi dengan kebaikan di Bait-Nya.

Ayat 5-9. Tuhan menyatakan kuasa dan pekerjaan-Nya yang dahsyat kepada umat manusia. Kuasa Tuhan itu nyata atas alam semesta. Ia yang menciptakan gunung-gunung, meneduhkan samudera yang menderu, mengendalikan ombak lautan yang mengamuk. Semua ornag yang melihat kuasa Tuhan itu akan menyerukan nyanyian sukacita.

Ayat 10-14. Daud mengakui bahwa Tuhanlah yang menjadi sumber panen yang melimpah. Tuhan yang memelihara tanah dan air, yang membuatnya menjadi subur. Tuhan yang menyediakan air melimpah, menggemburkan lahan dengan air hujan. Tuhan yang membuat padang rumput menghijau sehingga dipenuhi ternak dan membuat lembah diselimuti gandum. Semua itu membawa sukacita besar.

Penerapan:
Berdoa agar Tuhan memberkati usaha/upaya yang saya lakukan–agar mendatangkan keberhasilan dan buah yang melimpah; yang akan membawa sukacita dan pujian kepada-Nya.

Views: 3

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *