Ketika Ada Konspirasi Jahat

Mazmur 64:1-11

Entah orang itu Saul atau Absalom, tetapi ada orang yang sedang merancang kejahatan kepada Daud, dan mereka sangat yakin bahwa mereka akan bisa menyergap dan mencelakakan Daud. Daud berseru memohon pertolongan kepada Tuhan, Daud mengadukan konspirasi dan kejahatan mereka. Daud yakin bahwa Tuhan akan membalikkan rancangan itu ke kepala merea, dan semua orang akan melihat dan menjadi takut kepada Tuhan.

Ayat 1-3. Doa Daud kepada TUHAN meminta perlindungan dari musuh-musuhnya. Daud meminta agar Tuhan mendengar seruannya, supaya Tuhan menjaga nyawanya dari musuh yang dahsyat dan menyembunyikannya dari persekongkolan ornag-orang fasik.

Ayat 3b-7. Keluhan Daud kepada TUHAN tentang orang-orang yang berniat mencelakakannya. Mereka membuat konspirasi dan rancangan jahat, mereka mengucapkan kata-kata yang beracun, dan mereka menyergap orang benar dengan tiba-tiba tanpa rasa takut. Mereka saling menyemangati satu-sama lain untuk terus melakukan kejahatan, berkata bahwa tidak ada yang akan tahu, mereka meyakinkan diri mereka bahwa rancangan mereka sangat rapi dan tak akan gagal.

Ayat 8-11. Keyakinan Daud bahwa TUHAN akan menggagalkan kejahatan musuh-musuhnya. Tuhan justru menyergap mereka dengan tiba-tiba, dan mereka akan terluka. Tuhan akan membuat mereka tersandung, kata-kata mereka justru berbalik menyerang mereka sendiri. Sehingga orang-orang yang melihat mereka akan menggelengkan kepala dan meninggalkan mereka. Akibatnya, semua orang akan takut dan memberitakan perbuatan Tuhan, orang benar akan bersukaria karena TUHAN, dan akan berlindung kepada-Nya.

Penerapan:
Kalau saya dalam posisi yang benar, dan ada orang yang merancangkan kejahatan atas saya. Saya harus membawa masalah ini kepada Tuhan–tidak usah saya tangani sendiri. Tuhan melihat, dan Tuhan akan membela. Rancangan kejahatan itu justru akan berbalik menimpa mereka; dan semua orang akan tahu dna memuliakan Tuhan karenanya.

Views: 3

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *