Menghadapi Musuh yang Arogan

Mazmur 59:1-18

Saul menyuruh orang-orangnya untuk mengawasi dan mengintai rumah Daud pada waktu malam hari, dengan tujuan untuk membunuh Daud di pagi harinya. Tetapi Mikal mengetahui hal itu dan menmbantu Daud meloloskan diri melalui jendela. Lalu Mikhal membuat muslihat seolah-olah Daud sakit, mungkin untuk mengulur waktu, tetapi muslihatnya terbongkar. Ketika Saul mengetahui muslihat itu Daud sudah terlanjur meloloskan diri (1 Samuel 19:11-17).

Ayat 1-5. Seruan Daud agar TUHAN melepaskannya dari tangan musuh-musuhnya. Daud mengadu kepada TUHAN bahwa musuh-musuh itu mengepung dia tanpa alasan–bukan karena Daud sudah berbuat salah/dosa. Daud memohon agar TUHAN bangkit menolongnya yang tidak bersalah, dan menghukum mereka yang berniat dan berbuat jahat kepadanya.

Ayat 6-10. Keyakinan Daud bahwa TUHAN mentertawakan musuh-musuhnya. Musuh-musuh yang merasa yakin, yang mengumbar dan menyombongkan kekuatan mereka. Musuh yang berpikir bahwa tidak ada yang bisa mengetahui rencana jahat mereka. Tapi TUHAN tahu niat mereka, dan TUHAN mentertawakan serta mengolok-olok mereka.

Ayat 11-13. Doa Daud agar TUHAN menghukum musuh-musuhnya–tidak dengan membinasakan mereka, sehingga orang banyak jadi lupa; tetapi agar TUHAN menyatakan murka dan hukuman kepada mereka dengan cara yang membuat semua orang melihat dan belajar bahwa TUHAN itu memerintah atas umat-Nya untuk selamanya.

Ayat 14-18. Daud membandingkan sikapnya dengan sikap musuh-musuhnya. Sementar mereka dengan arogan mengumbar kejahatan dan tidak berhenti/puas berbuat jahat; Daud menyanyikan lagu memuji kekuatan TUHAN, kasih setia TUHAN, perlindungan TUHAN. Daud memuji TUHAN yang adalah benteng perlindungannya, TUHAN yang menunjukkan kasih setia kepadanya.

Penerapan:
Selain untuk mendapatkan pertolongan dari Tuhan–ini alasan individu; alasan yang lain adalah: agar orang melihat bagaimana Tuhan bekerja, dan orang mengetahui bahwa Tuhan itu berkuasa dan memerintah.

Views: 4

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *