Doa Sebelum Maju Berperang

Mazmur 20:1-9

Beberapa referensi menyimpulkan bahwa mazmur ini merupakan mazmur kerajaan, yang dinyanyikan sebelum raja pergi berperang. Ada istilah-istilah yang berhubungan dengan perang disebutkan dalam mazmur ini: kemenangan, panji-panji, kereta, kuda, ditundukkan, kalah. Mazmur berisi permohonan kepada TUHAN agar memberi kemenangan kepada raja Israel, yaitu Daud, dan keyakinan bahwa TUHAN akan menolong.

Pada bagian pertama (ayat 1-5) merupakan permohonan agar TUHAN memberi pertolongan dan kemenangan: (1) menjawab ketika dalam kesesakan; (2) melindungi; (3) mengirim pertolongan dan dukungan dari Bait-Nya; (4) menerima persembahan; (5) membuat tujuan/rencana berhasil; (6) memberi kemenangan; (7) memberikan semua permintaan.

Pada bagian kedua (ayat 6-8) berisi keyakinan raja, bahwa TUHAN akan menolong: (1) aku tahu TUHAN menyelamatkan orang yang diurapi; (2) TUHAN menjawab dari sorga dengan tangan kanan-Nya yang berkuasa menyelamatkan; (3) tuidak mengandalkan kerta/kuda, tetapi mengandalkan TUHAN; (4) musuh–yang mengandalkan senjata–akan kalah, tetapi umat TUHAN akan bangkit dan menang.

Mazmur ini ditutup dengan seruan: “Ya TUHAN, selamatkanlah raja! Jawablah ketika kami berseru kepadamu!” Dan dengan iman serta seruan kepada TUHAN itu, pasukan umat TUHAN berangkat ke medan perang, dimpimpin raja yang diurapi oleh TUHAN.

Penerapan:
Berdoa minta pertolongan dan keberhasilan dari Tuhan setiap kali mengawali pekerjaan atau aktivitas apapun. Sebab yang menjadi penentu keberhasilan bukanlah kemampuan atau usaha saya, tetapi Tuhan.

Views: 6

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *