Jawaban Doa: Kemenangan dari Tuhan

Mazmur 21:1-13

Mazmur kemenangan. Mazmur Daud yang berisi puji-pujian kepada TUHAN yang telah memberikan kemenangan kepadanya. Mazmur 20 berisi doa minta kemenangan ketika Daud berangkat ke medan pertempuran. Dan mazmur ini berisi pujian kepada TUHAN karena Daud kembali dari medan perang dengan membawa kemenangan yang dari TUHAN.

Ayat 1-7 berisi pujian kepada TUHAN atas kemenangan yang diberikan-Nya. Kemenangan itu menghasilkan sukacita besar, berkat yang melimpah, kemuliaan dan kejayaan bagi Daud. Daud mengakui bahwa semua itu berasal dari TUHAN–bukan dari usahanya dalam bertempur, tetapi karena TUHAN menjawab doanya agar menang atas musuh. Daud tidak mencuri kemuliaan TUHAN dengan berpikir bahwa kemenangan itu disebabkan oleh kekuatan dan usahanya.

Ayat 8-12 menggambarkan apa yang akan dilakukan TUHAN atas musuh-musuhnya. Tidak hanya TUHAN menundukkan musuh dalam peperangan yang sudah berlalu, tetapi Ia akan terus melanjutkan pekerjaan-Nya untuk mengalahkan musuh-musuh Daud di masa depan. Selama TUHAN menyertai Daud, musuh-musuhnya tidak akan pernah bisa menang; mereka pasti akan dikalahkan oleh Daud karena pertolongan TUHAN.

Ayat 13 menutup mazmur ini dengan pujian tentang kekuatan TUHAN: “Bangkitlah (Ditinggikanlah), ya TUHAN, di dalam (karena) kuasa-Mu! Kami mau menyangikan dan memazmurkan keperkasaan-Mu.”

Penerapan
Jangan takut dengan persoalan atau tantangan. Sebab Tuhan itu berkuasa, dan ketika Tuhan menyertai, maka semua masalah akan dapat dikalahkan. Berdoa minta tolong kepada Tuhan ketika menghadapi masalah/tantangan.

Views: 12

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *