The LORD is My Portion

Mazmur 16:1-11

Sukacita Daud atas apa yang dialaminya di dalam iman dan kepercayaannya kepada TUHAN. Daud menyebut TUHAN sebagai sumber kebaikannya–di luar TUHAN Daud melihat tidak ada yang baik dalam hidupnya: “apart from you I have no good thing” (ayat 2 NIV). Daud membandingkan hidup di dalam TUHAN dengan mereka yang menyembah ilah lain: para penyembah ilah itu hidupnya akan semakin menderita, sehingga Daud tidak mau ambil bagian dengan mereka.

Daud menyebutkan kebaikan-kebaikan TUHAN kepadanya: (1) TUHAN memberi bagian hak milik yang baik dan menyenangkan untuknya; (2) TUHAN membimbing Daud setiap hari, di malam hari TUHAN mengajar melalui hati nuraninya; (3) TUHAN selalu menyertai Daud sehingga ia tidak akan goyah; (4) TUHAN memelihara Daud sehingga ia aman dari kematian/kebinasaan; (5) TUHAN menunjukkan jalan kehidupan yang memberi sukacita abadi kepada Daud.

Adakah selain Tuhan yang bisa memberikan semua itu kepada manusia? Hal-hal yang dilakukan/ diberikan Tuhan kepada Daud mengkover semua kebutuhan manusia: pemeliharaan, pimpinan, kemenangan, keselamatan, dan sukacita dalam hidup. Selama menjalani hidup di dunia ini, semua manusia mencari pemenuhan kebutuhan itu. Tetapi sesungguhnya, pemenuhan itu hanya ada di dalam Tuhan.

Penerapan:
(1) Mengakui bahwa sering kali saya tidak mencari pemenuhan kebutuhan-kebutuhan hidup saya dari Tuhan, tetapi dari sumber lain yang saya kira akan bisa memberikannya.
(2) Datang kepada Tuhan ketika saya melihat ada kebutuhan yang saya perlukan, meminta Tuhan yang memenuhi kebutuhan itu, dan mempercayai bahwa Tuhan akan memenuhinya.

Views: 7

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *