TUHAN, Hakim yang Adil

Mazmur 9:1-20

Daud memuji TUHAN dengan segenap hatinya, dengan sukacita dan kegembiraan besar ia menyanyikan lagu memuji nama TUHAN. Dasar pujian Daud: TUHAN adalah Hakim Yang Adil, yang membela orang benar dan menghukum orang yang jahat. TUHAN menghakimi dengan dasar kebenaran–bukan pilih kasih atau kriteria yang lain. Kriteria pengadilan TUHAN hanya satu: kebenaran–siapa benar dibela, siapa tidak benar akan dimurkai.

Sehingga TUHAN menjadi tempat perlindungan yang aman bagi orang-orang lemah, miskin dan tertindas–sebab TUHAN adalah Hakim Yang Adil. TUHAN akan membalas penumpahan darah; Ia tidak mengabaikan orang tertindas yang tertumpah darahnya oleh orang fasik. TUHAN tidak bisa dipengaruhi, tidak bisa diintimidasi, tidak bisa disuap. Dasar penghakiman TUHAN hanya satu: kebenaran dan keadilan–kebenaran-Nya dan keadilan-Nya. Orang bisa mempercayai TUHAN, orang bisa menjadikan TUHAN sebagai tempat perlindungan. Sebab TUHAN tidak pernah meninggalkan orang yang mencari Dia!

Daud kemudian memohon belas kasihan TUHAN, agar TUHAN melihat kesengsaraan yang dialaminya yang disebabkan oleh orang-orang yang membenci dia. Daud meminta TUHAN agar mengangkatnya dari pintu gerbang maut. Daud memohon pembelaan TUHAN, supaya kemudian Daud bisa memuji-muji TUHAN, memberitakan pekerjaan TUHAN yang besar, yang telah memberi keselamatan.

Daud berdoa agar TUHAN menyatakan keadilan dan kebenaran-Nya. Sehingga mereka yang punya rancangan jahat, mereka yang melupakan Allah, mereka yang merajalela dengan kefasikan, mereka itu semua diadili oleh TUHAN. Sehingga mereka menjadi takut kepada TUHAN, dan mereka mengakui bahwa mereka hanyalah manusia biasa, yang ada di bawah kekuasaan dan otoritas TUHAN.

Penerapan:
Meminta belas kasihan Tuhan agar membela dan menegakkan keadilan bagi keluarga kami. Meminta agar Tuhan menggagalkan jerat dan lubang jebakan yang mungkin sedang disiapkan orang untuk mencelakai keluarga kami.

Views: 6

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *