Daftar 33 Raja yang Ditaklukkan

Yosua 12:1-24

Pasal ini berisi daftar raja/kerajaan di Tanah Kanaan yang dikalahkan oleh bangsa Israel, yang tanahnya direbut dan diduduki oleh mereka. Daftarnya dibagi menjadi dua bagian: raja/kerajaan di seberang timur Sungai Yordan dan yang di sebelah barat Sungai Yordan. Daftar ini dibuat untuk mengingat bagaimana TUHAN menepati janji-Nya dan bagaimana TUHAN menyertai umat-Nya.

Di sebelah timur Yordan, ada dua raja yang ditaklukkan: Sihon (raja orang Amori) dan Og (raja orang Bashan). Sekalipun hanya 2 kerajaan, tetapi wilayahnya sangat luas, sekitar 30% dari total Tanah Kanaan yang direbut oleh Israel. Penaklukan wilayah ini dipimpin oleh Musa (ayat 6), dan Musa memberikan wilayah ini kepada suku Ruben, Gad, dan separuh Manasye.

Di sebelah barat Yordan, kampanye penaklukan dipimpin oleh Yosua, pengganti Musa (ayat 7). Ada 31 raja/kerajaan yang ditaklukkan oleh bangsa Israel. Wilayahnya mencakup sebelah barat Yordan sampai laut Tengah, dari ujung utara berbatasan dengan Tirus/Sidon sampai ujung selatan, berbatasan padang gurun. Kampanye yang dipimpin Yosua memakan waktu yang lama (Yosua 11:18), beberapa referensi memperkirakan lamanya 6-7 tahun.

Beberapa pelajaran yang bisa ditarik dari bagian ini adalah: (1) Tuhan akan menepati janji-Nya! Sekalipun ada yang segera, dan ada yang memerlukan proses/waktu; (2) Umat Tuhan memiliki bagian tanggung jawab yang harus dilakukan–Tuhan akan menyertai dan memmampukan.; (3) Besar atau kecil, banyak atau sekikit tantangan yang harus dihadapi–dengan pertolongan Tuhan, semua dapat dikalahkan.

Yosua–dengan pimpinan TUHAN–mencatat perjalanan kemenangan Israel. Yosua mendaftar nama-nama semua raja/kerajaan yang telah dikalahkan oleh Israel. Setiap kali melihat daftar itu–total ada 33 raja/kerajaan yang dikalahkan, bangsa Israel diajak untuk mengingat: kesetiaan TUHAN menepati janji-Nya dan kuasa TUHAN untuk menolong umat-Nya–karena secara akal sehat tidak mungkin pasukan Israel yang minim jumlah, pengalaman dan peralatan perang dapat mengalahkan kerajaan sebanyak itu! Catatan itu membuat Israel terus mengingat: “Yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN, Allah Israel.” (Yosua 10:42).

Penerapan:

  1. Berhentilah sebentar, cobalah mendaftar “33 raja/kerajaan” (tantangan, persoalan, dan kebutuhan) yang telah dikalahkan di dalam hidupmu. Lalu tanyakan: apakah mungkin semua itu dilakukan dengan kekuatanmu sendiri? Kalau bukan Tuhan yang menyertai dan memberi pertolongan, apakah semua itu akan tercapai?
  2. Jangan takut atau gentar kepada tantangan, persoalan, dan kebutuhan yang sedang atau akan kauhadapai. Pegang janji Tuhan, bergantung kepada Tuhan, dan ikuti petunjuk Tuhan–maka sebagaimana Tuhan telah menopangmu mengalahkan “33 raja/kerajaan” itu, Tuhan juga akan menopangmu untuk menghadapi semua yang ada di depanmu!

Views: 6

This entry was posted in Perjanjian Lama, Refleksi, Yosua. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *