Elemen Terpenting dalam Keberhasilan

Yosua 1:10-18

Yosua kemudian memerintahkan para pemimpin rakyat agar menyiapkan perbekalan karena dalam waktu 3 hari, mereka akan menyeberangi sungai Yordan untuk merebut/ mengalahkan dan memiliki tanah yang sudah dijanjikan/diberikan oleh TUHAN. Yosua juga mengingatkan para pemimpin bani Ruben, Gad, dan setengah suku Manasye agar mereka menepati komitmen untuk maju berperang bersama saudara-saudara meeka yang lain–sekalipun mereka sudah memperoleh bagian tanah di sebelah timur sungai Yordan.

Jawaban para pemimpin: Mereka akan mentaati semua perintah Yosuam sama seperti mereka mentaati Musa. Siapa yang berontak kepada perintah Yosua akan dihukum. Mereka maminta agar Yosua menjadi kuat dan berani. Para pemimpin mengakui panggilan TUHAN atas Yosua dan kepemimpinan Yosua menggatikan Musa, maka mereka berkomitmen untuk mentaati Yosua.

Ada tiga elmen di dalam melakukan pekerjaan Tuhan: Tuhan sendiri, orang yang dipanggil Tuhan, dan orang-orang yang menjadi pasukannya, Dalam kasus Yosua, ketiga-tiganya sudah terpenuhi: Tuhan sudah memanggil, memberikan janji dan petunjuk, dan memerintah untuk pergi; Yosua mendengar panggilan Tuhan, dan melangkah; dan yang terakhir: para pemimpin rakyat siap untuk mentaati perintah Yosua.

Tetapi elemen yang paling penting adalah TUHAN dan orang yang dipanggil. Ketika orang yang dipanggil itu percaya dan taat kepada TUHAN, maka TUHAN yang bertanggung jawab menyediakan elemen yang ketiga.

Views: 12

This entry was posted in Perjanjian Lama, Refleksi, Yosua. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *