Kemurahan Sejati

Kisah Para Rasul 4:32-5:16

Salah satu manifestasi kepenuhan Roh Kudus dalam diri orang percaya adalah: kemurahan. Kesediaan untuk berkorban demi mencukupi kekurangan atau kebutuhan orang lain. Tuhan memberi dorongan kepada orang percaya untuk memberi kepada orang lain yang berkekurangan. Kemurahan hati yang murni adalah pekerjaan Roh Kudus dalam diri orang percaya.

Apa saja karakteristik kemurahan yang berasal dari karya Roh Kudus? (1) Dorongan hati yang spontan karena melihat adanya kebutuhan; (2) Adanya pengorbanan–melepas, memberikan, kehilangan miliknya untuk memenuhi kebutuhan, tanpa mengharapkan pengembalian; (3) Melakukan kemurahan dengan integritas: menurut kerelaan hati, tidak munafik, tidak didasari motif atau niat yang salah.

Manusia mungkin bisa dikelabuhi dengan kemurahan yang palsu. Tetapi Tuhan tidak bisa dibohongi. Tuhan melihat isi hati seseorang, Tuhan melihat niat dan motif seseorang. Karena itu, pastikanlah hatimu murni ketika melakukan kemurahan. pastikan motifmu bersih ketika memberi persembahan. Apalagi apabila menyangkut hamba Tuhan dan pekerjaan Tuhan. Jangan main-main, bersihkanlah niat dalam hatimu!

Views: 7

This entry was posted in Kisah Para Rasul, Perjanjian Baru, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *