A New Sign for a New Era

Kisah Para Rasul 2:1-13

Fenomena supranatural yang menandai turunnya Roh Kudus atas para murid: suara angin yang keras turun dari langit memenuhi rumah, penampakan seperti lidah api yang kemudian terpisah dan menyebar dan turun ke atas masing-masing murid, murid-murid mengalami kepenuhan Roh Kudus dan mulai berbicara dengan bahasa-bahasa asing sesuai yang diberikan Roh Kudus pada masing-masing orang (bahasa dari 15 wilayah).

Ini adalah permulaan fenomena di mana Roh Kudus tinggal/berdiam dalam dan memenuhi orang percaya. Ada dua peristiwa: berdiamnya Roh Kudus dan kepenuhan Roh Kudus. Dalam kasus para murid ini, keduanya terjadi bersama-sama, manifestasinya dalam bentuk mengucapkan bahasa yang baru, yang berisi pujian akan kebesaran/keajaiban Tuhan. Agaknya murid-murid tidak memahami arti ucapan mereka, namun orang-orang lain (para pemakai bahasa itu) yang justru memahami isinya.

Mengapa Tuhan membuat murid-murid bisa berbicara dengan bahasa baru yang mereka sendiri tidak mengerti? Mengapa Tuhan memilih fenomena berbahasa baru ini yang menjadi tanda atau manifestasi kepenuhan Roh Kudus pada para murid? (1) Menunjukkan kuasa Tuhan–murid-murid bisa berbahasa baru tanpa belajar; (2) Menjadi daya tarik bagi orang yang belum percaya; sehingga membuka jalan untuk penginjilan; (3) Sebagai tanda yang menyertai murid Kristus.

Views: 7

This entry was posted in Kisah Para Rasul, Perjanjian Baru, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *