Uang Pendamaian

Keluaran 30:11-16

Nilai jiwa seseorang tidak ditentukan oleh banyaknya hartanya. All of us need mercy and forgiveness because of our sinful thoughts and actions. There is no way the rich person can buy off God, and no way the poor can avoid paying. God’s demand is that all of us come humbly before him to be forgiven and brought into his family (Life Application Bible Study).

Tuhan memerintahkan agar setiap laki-laki menyerahkan uang pendamaian (tebusan) kepada Tuhan. Uang pendamaian itu menghindarkan mereka dari tulah ketika jumlah umat Tuhan itu dihitung. Berlaku untuk semua laki-laki dewasa 20 tahun ke atas, per orang sebesar 1/2 syikal perak. Uang pendamaian itu menjadi persembahan khusus bagi Tuhan.

Uang pendamaian itu digunakan untuk mendukung ibadah dalam kemah Pertemuan. Dipungut ketika dilakukan sensus (penghitungan) jumlah penduduk. Tetapi, yang terutama, uang pendamaian itu menjadi peringatan di hadapan Tuhan untuk mengingat dan mengadakan pendamaian bagi nyawa umatNya.

Semua orang diperlakukan sama–kaya atau miskin–harus membayar dalam jumlah yang sama. Karena ini uang pendamaian nyawa mereka, dan nyawa mereka memiliki harga yang sama–apapun kondisi mereka saat itu. Di hadapan Tuhan, nilai jiwa setiap orang itu sama.

Kekayaan idak membuat nilainya bertambah atau berkurang. Betapa sesat pikiran manusia yang menyatakan bahwa seseorang itu memiliki nilai sekian–berdasar kekayaan dan penghasilannya. Hati-hati dengan potensi kesesatan ini. Ingatlah: nilaimu tidak berubah di hadapan Tuhan, seberapapun banyak kekayaan yang kaukelola!

Lalu, bagaimana sikap yang seharusnya dimiliki? (1) Tidak membeda-bedakan orang berdasar kekayaannya; (2) Melawan pikiran yang mengatakan saya lebih bernilai/layak dibanding orang lain yang lebih miskin; (3) Menolak perlakukan istimewa karena kekayaan; (4) Memiliki gaya hidup yang wajar, tidak tergantung kepada kekayaan, tetapi kepada kebutuhan.

Views: 7

This entry was posted in Keluaran, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *