Tuhan Tidak Lupa JanjiNya

Kejadian 46:1-34

Kalau dihitung sejak Yusuf dijual oleh saudara-saudaranya, paling tidak sudah 22 tahun lamanya Tuhan tidak menyatakan DiriNya kepada Yakub. Baru ketika proses rekonsiliasi dan penyelamatan Tuhan itu mulai digenapi–dalam perjalanan pindah ke Mesir–Tuhan berbicara kepada Yakub melalui penglihatan. Tuhan meneguhkan janjiNya kepada Yakub, untuk menyertai hidupnya di Mesir, untuk menjadikannya bangsa yang besar, dan kelak keturunannya akan kembali ke Kanaan.

Secara khusus, Tuhan menyatakan bahwa tangan Yusuflah yang akan mengatupkan kelopak mata Yakub. Yusuf akan menunggui Yakub sampai ia dipanggil Tuhan. Selama 22 tahun, baru kali ini nama Yusuf disebut oleh Tuhan ke telinga Yakub. Selama 22 tahun, sama sekali tidak ada kabar dan tidak ada kesan apapun dari Tuhan mengenai nasib Yusuf. Pernyataan Tuhan ini tentu saja meneguhkan hati Yakub, memberi kepastian bahwa Yusuf memang masih hidup.

Total jumlah keluarga Yakub yang pindah ke Mesir adalah 66 jiwa, ditambah dengan keluarga Yusuf yang sudah mendahului tinggal di Mesir, menjadi 70 jiwa. Yusuf bertemu Yakub di Tanah Goyen, dan pertemuan itu menjadi “closure” bagi Yakub, karena sekarang ia sudah siap untuk dipanggil Tuhan, setelah mengetahui bahwa Yusuf masih hidup.

Views: 7

This entry was posted in Kejadian, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *