Menjadi Anak Sulung

Kejadian 48:1-22

Berkat khusus untuk Yusuf: kedua anaknya diangkat menjadi anak Yakub, sehingga mereka berhak untuk menjadi dua keluarga/suku, setara dengan anak-anak Yakub lainnya. Yusuf mendapat bagian berkat anak sulung, yaitu dua bagian (double portion).

Ketika Yakub memberkati kedua anak Yusuf, ia menyilangkan tangannya–sehingga tangan kanannya ditumpangkan atas kepala Efraim, anak yang kedua. Yakub sudah hampir buta karena usia. Namun, hatinya peka kepada pimpinan Tuhan–Yakub tidak lagi melakukan kesalahan yang dilakukan ayahnya, Ishak. Nama anak-anak Yusuf, Efraim dan Manasye, akan disebutkan setiap kali orang Israel memberikan berkat.

Yusuf, secara khusus mendapatkan bagian tanah–sebagai kelebihannya daripada saudara-saudaranya: suatu punggung gunung yang direbut oleh Yakub dari tangan orang Amori.

Kasus di mana yang sulung justru tidak didahulukan. Dalam kasus Yakub dan Efraim, memang Tuhan sudah menetapkan demikian–Tuhan sudah memilih sejak mereka dari dalam kandungan. Namun, dalam kasus Ruben dan Yusuf, perpindahan hak kesulungan itu karena kualitas hidup mereka.

Ruben kehilangan hak kesulungannya karena ia melanggar kekudusan ayahnya, dengan tidur bersama Bilha (budak ayahnya). Esau kehilangan hak kesulungan karena ia memandang remeh dan menjualnya demi sepiring kacang mereah. Yusuf memperoleh hak kesulungan karena ia taat kepada Tuhan, dan ia menjadi jalan pertolongan dan berkat Tuhan bagi keluarga Yakub.

Mungkin engkau ditolak oleh manusia. Engkau tidak dipilih untuk menjadi yang terutama di antara manusia. Namun, Tuhan bisa menempatkanmu menjadi yang utama. Tuhan bisa memberimu bagian ganda yang seharusnya dberikan kepada ia yang sulung. Asalkan hidupmu kauserahkan ke dalam rencanaNya, menjagai kekudusan hidupmu, taat kepada Tuhanmu, dan menjadi berkat serta pertolongan bagi orang-orang di sekitarmu.

Views: 6

This entry was posted in Kejadian, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *