Bekerja untuk Melakukan Kemurahan

Titus 3:12-15

Pada bagian terakhir suratnya kepada Titus, Paulus membicarakan beberapa hal teknis dan pribadi. Tetapi juga mengajarkan prinsip kehidupan yang harus dimiliki oleh jemaat agar hidup berbuah bagi Tuhan.

Paulus juga meminta agar Titus pergi menemuinya di Nikopolis, segera setelah utusan Paulus (Artemas atau Tikhikus) datang ke Kreta. Tidak diketahui apakah kedua orang itu akan menggantikan Titus di Kreta, atau menjemput dia untuk pergi menemui Paulus di Nikopolis.

Paulus meminta Titus untuk membantu/melayani beberapa hamba Tuhan yang datang ke Kreta dalam perjalanan mereka: Senaz-Ahli Taurat yang sudah bertobat dan sekarang melayani Tuhan, dan Apolos, Ahli Kitab Suci dan pengajar yang fasih.

Paulus menyambung perintah untuk melayani hamba-hamba Tuhan itu dengan pernyataan bahwa: tindakan Titus itu diharapkan memberi teladan kepada jemaat agar mereka belajar melakukan kerjaan yang baik–untuk memenuhi kebutuhan ynag ada (membantu orang yang bekekurangan atau membantu kebutuhan peayanan/hamba-hamba Tuhan). Itu adalah bukti kehidupan yang berbuah.

Penerapan:
Salah satu motif bekerja yang dikhendaki Tuhan: untuk bisa membantu orang lain yang membutuhkan, untuk ikut memenuhi kebutuhan yang ada dalam pelayanan/jemaat/ komunitas.

Views: 2

This entry was posted in Perjanjian Baru, Refleksi, Titus. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *