Kota Perlindungan

Ulangan 4:41-49

Musa, sesuai dengan perintah TUHAN memberikan kota-kota untuk orang Lewi, sebab mereka tidak memperoleh bagian warisan tanah. Total kota yang nantinya diberikan pada orang Lewi berjumlah 48 kota, dan 6 kota di antaranya ditetapkan sebagai kota perlindungan (Bilangan 35:1-6). Di wilayah sebelah timur Yordan yang sudah diduduki Israel, Musa menetapkan 3 kota perlindungan: Bezer, Ramot-Gilead, dan Golan.

Kota Perlindungan adalah representasi sifat TUHAN yang menghargai nyawa manusia. Juga merupakan representasi kebenaran dan keadilan TUHAN. Penghargaan TUHAN atas nyawa manuisa dinyatakan dengan ketetapan “nyawa ganti nyawa”. Apabila seseorang menyebabkan orang lain mati, maka ia juga harus dibunuh sebagai pembalasan. Tetapi, TUHAN memberikan perlindungan kepada orang yang tanpa sengaja menyebabkan kematian orang lain. Ada mekanisme bagi orang itu untuk dilepaskan dari pembalasan. Kota Perlindunganlah tempat di mana ia berlindung sambil menunggu pengadilan.

Bagian ini merupakan penutup dari pidato/pengajaran Musa yang pertama (Ulangan 1-4), di mana Musa mengajar generasi umat TUHAN untuk mengingat peristiwa-peristiwa penting yang telah terjadi, dan apa makna dari peristiwa-peristiwa itu bagi mereka. Musa mengajarkan bagaimana TUHAN terbukti selalu setia menyertai umat-Nya di masa lampau, dan menjamin tetap akan menyertai umat-Nya sampai janji-Nya digenapi.

Views: 5

This entry was posted in Perjanjian Lama, Refleksi, Ulangan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *