Pujian Bagi TUHAN Yang Mahakuasa

Mazmur 148:1-14

Ajakan kepada segala makhluk di alam semesta ini untuk memuji TUHAN. Mulai dari makhluk sorgawi (malaikat), benda-benda di angkasa, langit dan air, bumi binatang yang ada di laut dan darat dann udara, segala tumbuh-tumbuhan. Juga ajakan untuk manusia: para raja, pembesar dan pemerintah, anak-anak dan orang tua, laki-laki dan perempuan. Semuanya diajak untuk memuji TUHAN (ayat 1-4, 7-12)

Sebab, TUHANlah yang menciptakan segala sesuatu hanya dengan perintah-Nya. Hanya dengan berkehendak dan mengatakan perintah, maka TUHAN menciptakan segala yang ada. Kuasa-Nya begitu besar, tak terbayangkan–=hanya dengan berbicara, maka semua yang dikehendaki-Nya itu jadi (ayat 5).

Sebab, TUHAN membuat aturan yang berlaku untuk seterusnya dan selamanya. TUHAN membuat ketetapan yang tidak dapat dilanggar. Ketetapan TUHAN, prinsip dan hukum TUHAN berlaku atas segala makhluk, tanpa kecuali. Ketetapan TUHAN akan berlaku untuk semuanya dan untuk selamanya. Tidak ada revisi, tidak ada amandemen, tidak ada pencabutan. Betapa besar kekuasaan dan otoritas TUHAN atas segala sesuatu (ayat 6).

Sebab, TUHAN layak untuk dipuji: Nama-Nya yang tinggi luhur (melampaui segala nama), keagungan-Nya mengatasi bumi dan langit–lebih tinggi dari segala penguasa dan pemerintah yang ada di bumi dan langit. Ia lebih besar, lebih agung, lebih mulia dari segala sesuatu–karena itu Ia layak untuk ditinggikan dan dipuji (ayat 13-14).

Penerapan:
Tunduk kepada ketetapan dan prinsip yang dietapkan oleh Tuhan. Sebab itu tidak terbantahkan, dan akan berlaku untuk selamanya dan untuk semuanya.

Views: 13

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *