Doa Mohon Perlindungan dari Musuh

Mazmur 140:1-13

Mazmur Daud berisi permohonan kepada TUHAN agar melepaskannya dari orang-orang fasik yang merancangkan kejahatan atasnya. Daud mendeskripsikan karakter dan perbuatan orang-orang fasik itu. Daud mengungkapkan keyakinannya bahwa TUHAN selalu mendnegar seruannya, bahwa TUHAN melindungi dan menolong orang-orang yang tertindas, Dan karena itu, Daud berdoa meminta pertolongan TUHAN agar menolongnya agar mengagalkan rancangan jahat orang-orang fasik terhadapnya.

Ayat 1-5. Karakter orang yang memusuhi Daud: jahat (evil), melakukan kekerasan (violent). Perbuatan mereka: merancang kejahatan di dalam hati mereka, terus-menerus memprovokasi konflik dan peperangan, mengucapkan kata-kata yang berbisa dan beracun seperti ular. Secara khusus, mereka berencana untuk menjatuhkan Daud, mereka menyiapkan perangkap dan jerat yang tersembunyi untuk Daud.

Ayat 6-8. Doa Daud kepada TUHAN: memohon agar TUHAN mendengarkan seruannya, agar TUHAN tidak mengijinkan rancangan/keinginan orang-orang fasik itu terpenuhi, agar TUHAN tidak mendukung/merestui kejahatan mereka. Daud memohon kepada TUHAN karena: TUHAN adalah Allahnya (Daud mengklaim relasi personalnya dengan TUHAN), dan TUHAN adalah sumber kekuatan dan keselamatan Daud.

Ayat 9-11. Harapan Daud mengenai nasib orang-orang fasik yang memusuhinya: supaya semua ucapan jahat yang mereka ucapkan justru menimpa kepala mereka sendiri, supaya bara api menimpa kepala mereka, supaya mereka dilemparkan ke dalam api, ke dalam lubang yang dalam sehingga mereka tidak bisa bangkit lagi. Supaya ornag-orang jahat itu tidak terus hidup di muka bumi ini, dan agar kejahatan justru mengejar-ngejar mereka.

Ayat 12-13. Ungkapan keyakinan Daud: TUHAN akan membela orang yang tertindas, dan menegakkan keadilan bagi mereka yang miskin/lemah. Maka orang-orang benar akan mengucapkan syukur kepada TUHAN, dan orang-orang benar akan tinggal di hadirat TUHAN.

Penerapan:
Tidak kuatir atau gentar dengan ancaman kejahatan yang mungkin sedang dirancang oleh orang-orang yang menginginkan kecelakaan atas hidup saya dan keluarga saya. Terus meminta perlindungan Tuhan dan berdoa agar Tuhan mengagalkan semua rancangan jahat, bahkan membalikkannya agar menimpa mereka sendiri.

Views: 39

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *