Kami Umat Tuhan, Kami Berlindung Kepada Tuhan

Mazmur 83:1-19

Tuhan diidentifikasikan dengan umat Tuhan. Oleh karena umat Tuhan itu adalah milik Tuhan, yang dilindungi oleh Tuhan, maka ketika ada yang memusuhi umat Tuhan, ia sama saja memusuhi Tuhan. Ketika ada yang berniat untuk mencelakakan umat Tuhan, maka ia sedang melawan Tuhan. Siapapun yang membenci umat Tuhan, ia sedang membenci Tuhan. Pemazmur berdoa agar Tuhan bertindak melawan mereka, supaya mereka tahu bahwa mereka sedang berhadapan dengan Tuhan Yang Mahatinggi atas seluruh bumi.

Ayat 1-9. Permohonan kepada Tuhan agar tidak berdiam diri. Sebab musuh-musuh Tuhan sudah mengadakan permufakatan licik untuk melawan umat Tuhan. Mereka bersepakat untuk melenyapkan umat Tuhan secara total, sehingga nama Israel tidak lagi diingat orang. Edom, orang Ismael, Moab, orang Hagar, Gebal, Amon, Amalek, Filistea, penduduk Tirus, Asyur–menjadi kaki tangan bani Lot. Ini bangsa-bangsa yang ada di sekeliling Israel.

Ayat 10-19. Doa pemazmur agar Tuhan bangkit melawan bangsa-bangsa itu. Agar Tuhan mengalahkan dan memunahkan mereka, seperti Tuhan sudah mengalahkan musuh-musuh yang sebelumnya dalam sejarah. Agar Tuhan bertindak dengan ekstrem: mengejar dengan badai dan puting beliung-Nya. Tujuannya: kekalahan itu membuat bangsa-bangsa menjadi malu, terkejut selamanya, dan mencari Nama TUHAN (Allah Israel) dan menngakui bahwa TUHAN satu-satunya Yang Mahatinggi atas seluruh bumi.

Penerapan:
(1) Bersyukur bahwa Tuhan tidak pernah berubah. Tuhan Israel sama dengan Tuhan saya. Tuhan yang membela Israel, sama dengan Tuhan yang melindungi saya. Kalau ada orang yang berniat mencelakakan saya dan keluarga saya, ia akan berhadapan dengan Tuhan.
(2) Berdoa memohon perlindungan Tuhan dari rancangan jahat orang. Berdoa agar Tuhan bertindak melawan mereka itu, supaya mereka sadar bahwa menyerang kami berarti berhadapan dengan Tuhan, sebab kami adalah milik Tuhan.

Views: 6

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *