Tuntutan Tuhan, Sang Hakim Tertinggi

Mazmur 82:1-8

Tuhan adalah Hakim dan Pemimpin Tertinggi, di atas segala hakim dan pemimpin di dunia ini. Tuhan memberikan kekuasaan kepada mereka untuk menjalankan keadilan-Nya, dan Tuhan akan menuntut pertangungjawaban mereka. Kalau para hakim dan pemimpin itu tidak melakukan tugasnya dengan benar dan adil, dan malah justru memihak kepada orang fasik, maka Tuhan sendiri yang menghukum mereka.

Sekalipun para pemimpin itu seolah-olah seperti “tuhan” di antara manusia-manusia yang lain, tetapi mereka akan mengalami nasib yang sama dengan manusia biasa–ketika Tuhan menjatuhkan murka-Nya karena mereka tidak melakukan kepemimpinannya dengan benar dan adil.

Perintah Tuhan kepada para hakim dan pemimpin adalah: Menghakimi/memimpin dengan adil, tidak memihak kepada orang fasik, tetapi membela orang lemah, anak yatim, orang tertindas, sengsara, miskin, dan yang berkekurangan.

Penerapan:
Tuhan, engkau tahu bahwa hati saya sangat ingin menolong/membantu mereka yang saat ini miskin, yatim-piatu, sebatang kara, panik dan kebingungan. Engkau tahu saya bersedia untuk datang dan menolong mereka. berilah petunjuk yang jelas kepada saya apa yang harus saya lakukan, bagaimana saya bisa mentaati Tuhan.

Views: 7

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *