Merayakan Kemenangan dari Tuhan

Mazmur 68:1-36

Mazmur perayaan yang penuh kegembiraan, ada gambaran arak-arakan kemenangan Tuhan naik ke Gunung Sion, ke tempat yang diplilih Tuhan untuk bersemayam. Arak-arakan yang diwarnai dengan dengan kedahystan Tuhan, diikuti oleh pasukan/rombongan suku-suku Israel. Parade kemenangan dari peperangan memasuki ibu kota kerajaan–Kerajaan Tuhan.

Sifat/karakteristik Tuhan: (1) nama-Nya adalah TUHAN, spesifik: Allah bangsa Israel–ayat 5; (2) Penguasa alam semesta, Penguasa atas semua bangsa-bangsa–ayat 5, 30-34; (3) Bapa bagi anak yatim, Pelindung bagi para janda dan orang-orang sebatang kara, pembela par atawanan–ayat 6-7; (4) keselamatan bagi umat-Nya, yang meluputkan dari maut–ayat 20-21; (5) Memegang kekuasaan tertinggi, bertakhta sebagai Raja di tempat kudus-Nya–ayat 36-36.

Pekerjaan Tuhan: (1) maju berperang di depan umat-Nya, menyerakkan musuh-musuh umat-Nya, memberi kemenangan kepada umat-Nya dengan kekuatan-Nya–ayat 2,8,13-14, 22-24; (2) berpihak kepada orang-orang benar, membela dan menyelamatkan orang lemah, menanggung beban mereka setiap hari–ayat 4, 6-7, 20; (3) memulihkan tanah yang gersang, memberikan kesuburan dan kelimpahan–ayat 10-11; (4) menyatakan firman-Nya dan firman-Nya itu pasti terlaksana–ayat 12, 23, 34.

Respon umat Tuhan: (1) bersukacita di dalam Tuhan, menyanyikan mazmur, memashurkan nama Tuhan–ayat 4-5, 20, 27, 36; (2) mengajak semua bangsa–sekalipun mereka bukan umat-Nya–untuk mengakui kekuasaan Tuhan, memuji dan menyembah Tuhan–ayat 30-36.

Penerapan:
Ada waktunya untuk berduka, untuk meratap, untuk mengenakan kain kabung dan menaburkan abu di kepala. Tetapi ketika Tuhan sudah memberikan pengampunan, pemulihan, dan kemenangan–itu saatnya untuk bergembira, bersukacita, bersorak-sorai dan menyanyikan puji-pujian kepada Tuhan; mendeklarasikan pekerjaan dan kemenangan Tuhan kepada semua orang, dan mengajak mereka untuk mengakui kuasa Tuhan dan memuji Dia!

Views: 5

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *