Sukacita Karena Percaya

Mazmur 33:1-22

Pemazmur mengajak orang-orang benar untuk memuji TUHAN dengan meriah dan penuh sukacita. Mengapa? Karena firman TUHAN itu benar, karena TUHAN berkuasa untuk melakukan apa yang telah Ia rencanakan, dan karena TUHAN memperhatikan serta menolong mereka yang percaya kepada-Nya.

Ayat 1-3 berisi ajakan Pemazmur kepada orang-orang benar atau orang-orang jujur untuk memuji dan bersyukur kepada TUHAN dengan ungkapan yang meriah dan penuh sukacita: dengan bersorak-sorai, dengan menyanyikan mazmur dan puji-pujian, dengan iringan alat-alat musik kecapi dan gambus 10 tali.

Ayat 4-19 berisi sifat-sifat TUHAN yang menjadi dasar/alasan untuk memuji Dia: (1) firman TUHAN itu benar dan berkuasa–oleh firman-Nya segala sesuatu telah dijadikan; (2) rencana TUHAN itu kekal untuk selamanya, dan pasti terlaksana–berbeda dengan rencana manusia yang bisa gagal; (3) TUHAN memandang dari sorga dan memperhatikan manusia–Ia mencari orang yang percaya dan menanti-nantikan Dia untuk memberikan pertolongan.

Ayat 20-22 merupakan ekspresi iman Pemazmur dan umat TUHAN bahwa TUHAN adalah Penolong dan Perisai mereka, sehingga mereka menanti-nantikan TUHAN dan hati mereka bersukacita karena iman itu. Ditutup dengan doa agar kasih setia TUHAN menyertai umat-Nya.

Penerapan:
Iman dan kepercayaan kepada Tuhan itu menghasilkan pengharapan di dalam hati orang percaya, dan itu terungkap di dalam pujian dan ucapan syukur kepada Tuhan dengan penuh sukacita dan kegembiraan.

Views: 460

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *