Berseru Sampai Dilepaskan

Mazmur 31:1-24

Daud berseru: “Luputkan aku oleh karena keadilan-Mu” ayat 1–dasar permohonan Daud adalah: keadilan TUHAN. Sifat TUHAN yang dikenal oleh Daud: (1) menyediakan kebaikan yang limpah bagi orang yang takut kepada-Nya dna berlindung kepada-Nya di hadapan manusia–ayat 20; (2) melindungi orang percaya di dalam hadirat-Nya dari konspirasi dan fitnah orang–ayat 21; (3) membuat kebaikan-Nya menjadi ajaib ketika umat-Nya ada dalam kota yang terkepung–ayat 22.

Ayat 1-8. Permohonan pertolongan kepada TUHAN. Daud berseru kepada TUHAN karena TUHAn adalah tempat perlindungannya, dan Daud tidak pernah dipermalukan/dikecewakan ketika berlindung kepada-Nya. TUHAN adalah batu karang kekuatan, benteng perlindungan, karena itu Daud yakin TUHAN akan menolongnya. Sebab Daud sudah menyerahkan nyawanya ke dalam tangan TUHAN; Daud membenci penyembah berhala, tetapi ia percaya kepada TUHAN. Dan ia yakin, TUHAN akan menyelamatkannya.

Ayat 9-14. Daud mengungkapkan situasi sulit yang sedang dialaminya. Daud merasa tertekan, dan matanya menjadi sayu karena kesusahannya, tubuh dan jiwanya juga menjadi lemah. Dada penyebab kesusahannya: (1) disebabkan oleh karena ia melakukan kejahatan; (2) disebabkan oleh musuh-musuhnya: Daud menjadi bahan olok-olok, disingkiri dan dilupakan orang, difitnah, dan orang membuat persekongkolan untuk mencelakakan dia. Tetapi Daud tetap mengatakan bahwa TUHAN adalah Allahnya!

Ayat 15-18. Seruan Daud kepada TUHAN, karena Daud percaya hidup dan masa hidupnya ada di tangan TUHAN. Daud meminta TUHAN melepaskannya dari tangan musuhnya dan dari orang yang menganiayanya. Daud meminta agar TUHAN menyinarkan Wajah-Nya kepadanya, dan menyelamatkannya karena kemurahan-Nya. Daud minta agar TUHAN tidak membiarkan dia mendapat malu, tapi justru musuh-musuhnya yang dibungkam karena malu.

Ayat 19-24. Daud memuji TUHAN. Menyatakan betapa besar kebaikan TUHAN yang disediakan bagi mereka yang percaya dan datang berlindung kepada-Nya. TUHAN menyembunyikan mereka di tempat perlindungan-Nya yang kuat. Daud memuji TUHAN yang mendengar seruannya. Dan Daud mengajak umat untuk mengasihi TUHAN, untuk meneguhkan hati dan menguatkan hati–karena mereka menaruh harapan kepada TUHAN.

Penerapan:
Bersyukur kepada Tuhan, oleh karena saya dan keluarga saya adalah umat-Nya, kepada siapa Tuhan menyediakan kebaikan yang limpah, pertolongan yang bisa diandalkan, dan perlindungan yang aman.
Terus tekun untuk meminta pertolongan dan perlindungan Tuhan dari bahaya dan persoalan; sampai kelepasan dan kemenangan itu nyata terjadi.

Views: 7

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *