Tenang dalam Tekanan

Mazmur 4:1-8

Ungkapan hati Pemazmur yang berada di dalam tekanan persoalan (distress). Ia berseru kepada Tuhan, dan menemukan kelegaan di dalam Tuhan, sehingga di tengah tekanan/persoalan yang dialami, ia bisa berbaring dan segera tertidur dengan penuh rasa aman.

Kondisi atau situasi yang mungkin menjadi sumber persoalan atau tekanan bagi Pemazmur: (1) orang-orang yang mengubah kemuliaannya menjadi kehinaan; (2) orang-orang lebih percaya/menerima kebohongan; (3) orang-orang yang meluapkan kemarahan di dalam perbuatan dan perkataan yang berdosa; (4) di tengah-tengah kondisi itu, mereka masih menikmati berkat panen yang melimpah.

Tindakan Pemazmur: berseru kepada Tuhan, meminta belas kasihan di dalam doa kepada Tuhan. Dasar dari tindakan Pemazmur: keyakinan bahwa: (1) Tuhan sudah memilih dia, sehingga akan mendengar doanya; (2) Tuhan adalah kebenarannya, dan telah/pernah memberi kelegaan ketika ia ada dalam tekanan.

Hasil dari tindakan Pemazmur: Tuhan memberikan sukacita yang besar di dalam hatinya dan Tuhan memberikan ketenangan dan rasa aman, sehingga Pemazmur bisa berbaring dan segera tidur.

Penerapan:
Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab ia yang memelihara kamu.
Cast all your anxiety on Him because He cares for you. (1 Petrus 5:7)

Views: 6

This entry was posted in Mazmur, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *