Indah di luar, hancur di dalam

Bacaan: Lukas 21:5-24

Ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Allah dan mengagumi bangunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah dan dengan berbagai-bagai barang persembahan, berkatalah Yesus: “Apa yang kamu lihat di situ–akan datang harinya di mana tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan.” (Lukas 21:5,6)

Orang-orang mengagumi Bait Allah di Yerusalem–yang saat itu sedang di dalam proses pembangunan, dan akan selesai sekitar 30 tahun kemudian. Yang sama tidak diketahui oleh mereka–namun yang telah dilihat oleh Tuhan Yesus adalah: tidak sampai 5 tahun sejak Bait Allah itu selesai dibangun, pasukan Romawi datang mengepung dan menghancurkan Yerusalem sampai rata dengan tanah!

Penyebab kehancuran Yerusalem beserta Bait Allah yang ada di dalamnya adalah: karena umat Tuhan pada zaman itu menolak berita keselamatan yang dinyatakan oleh Tuhan. Bahkan, mereka menangkap dan membunuh Tuhan Yesus, Sang Mesias yang membawa keselamatan itu.

Sebab akan datang harinya, bahwa musuhmu akan mengelilingi engkau dengan kubu, lalu mengepung engkau dan menghimpit engkau dari segala jurusan, dan mereka akan membinasakan engkau beserta dengan pendudukmu dan pada tembokmu mereka tidak akan membiarkan satu batupun tinggal terletak di atas batu yang lain, karena engkau tidak mengetahui saat, bilamana Allah melawat engkau. (Lukas 19:43-44).

Apa yang kelihatan begitu indah, megah, dan mengagumkan, bisa jadi sedang menuju ke dalam kehancuran total. Bagaimana dengan hidup saya? Apakah saat ini hidup saya nampak elok, sukses, hebat di mata orang–namun sejatinya sedang menuju ke jurang kehancuran? Apakah saya sedang menolak dan mengabaikan suara Tuhan yang mencegah saya terus menapak di jalan kebinasaan?

Views: 12

This entry was posted in Lukas, Perjanjian Baru, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *