Firman Tuhan Tidak Akan Berlalu

Matius 24:23-35

Tanda akhir zaman yang akan nampak adalah: munculnya mesias-mesias dan nabi-nabi palsu. Tidak hanya menyebarkan pengajaran, tetapi mereka juga akan menunjukkan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dahsyat. Tujuannya untuk menyesatkan orang, dan sekiranya mungkian, menyesatkan umat Tuhan juga. Tuhan

Yesus memberi tekanan atas tanda ini: “Camkanlah, aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu” (ayat 24). Fenomena itu pasti akan terjadi: para penyesat mampu melakukan mujizat dan tanda ajaib untuk menyesatkan orang dari pengajaran yang benar, sehingga orang tidak percaya kepada Tuhan Yesus. Murid-murid harus serius memperhatikan peringatan Tuhan.

Sikap yang harus diambil oleh para murid: jangan percaya kalau ada orang yang mengatakan bahwa mesias sudah datang; karena seperti kilat yang cahayanya terlihat dari timur ke barat, demikianlah kedatangan Mesias itu akan diketahui secara bersama-sama seluruh dunia. Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua bukan sebuah peristiwa lokal, tetapi seluruh dunia akan melihatnya.

Tanda berikutnya setelah masa penganiayaan adalah: matahari menjadi gelap, bulan tidak bercahaya, dan bintang-bintang berjatuhan dari langit. Kuasa-kuasa langit akan goncang. Ada fenomena astronomis yang membuat terjadinya kegelapan karena benda-benda langit tidak lagi bercahaya.

Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan maratap dan melihat kedatangan Tuhan Yesus di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Tuhan Yesus yang datang kembali itu akan memerintahkan para malaikat keluar dan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya. Para malaikat itu akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari seluruh penjuru bumi.

Di dalam Kitab Suci tercatat berbagai nubuat yang diberikan Tuhan kepada para nabi–dan semua nubuat itu digenapi, tidak hanya yang bersifat umum, yang bisa ditafsirkan dengan berbagai cara, tetapi ada nubuat-nubuat yang sangat spesifik sehingga tidak bisa terbantahkan bahwa itu sudah terjadi di dalam sejarah manusia. Termasuk nubuat Tuhan Yesus tentang runtuhnya Bait Allah–yang pada waktu disampaikan akan diangap mustahil bisa terjadi–digenapi dengan tepat dan detil.

Kalau semua nubuat itu telah terbukti digenapi dan terjadi, maka nubuat Tuhan tentang akhir zaman dan kedatangan-Nya yang kedua pasti juga akan digenapi. “Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.” (Matius 24:35). Firman Tuhan bisa dipercaya, Firman Tuhan itu benar, Firman Tuhan itu tidak pernah salah, Firman Tuhan itu adalah realitas yang sesungguhnya. Ketika mesias dan nabi palu sbermunculan dengan pengajaran mereka yang menyesatkan, maka hanya dengan berpegang pada Firman Tuhan saja ekan membuat orang percaya bisa bertahan dalam imannya.

Penerapan
Sungguh-sungguh memperhatikan Firman Tuhan, mempercayai, dan mentaatinya.

Views: 9

This entry was posted in Matius, Perjanjian Baru, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *