Janji dan Pimpinan Tuhan

Yosua 8:1-29

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. (Amsal 3:5,6). TUHAN tidak hanya memberikan janji kemenangan kepada Yosua, tetapi juga memberi petunjuk bagaimana cara menalami penggenapan janji-Nya. TUHAN memberikan jaminan kemenangan dan cara yang harus dilakukan orang Israel untuk mengalami kemenangan itu.

Setelah dosa Israel dibereskan, TUHAN kembali menyertai mereka. Firman TUHAN kepada Yosua berisi: (1) Penguatan/penghiburan agar Israel tidak takut dan tawar hati; (2) Janji bahwa TUHAN sudah menyerahkan Ai kepada Israel; (3) Strategi berperang apa yang harus dilakukan oleh Israel (ayat 1-2).

Yosua melakukan tepat seperti yang diperintahkan TUHAN. TUHAN telah memberikan perintah tentang strategi perang yang harus dilakukan Yosua, maka Yosua membuat rencana tindakan yang praktis dan detil bagi pasukan Israel untuk melakukan strategi yang telah diperintahkan TUHAN. Dengan penekanan: “Sesuai dengan perintah TUHAN kamu harus melakukan semuanya itu; ingatlah, itulah perintahku kepadamu.” (ayat 8).

Dalam peperangan itu, TUHAN menyertai Yosua dan Israel. Ketika Israel melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN. Dan ketika waktunya tiba, TUHAN memerintahkan Yosua untuk mengacungkan lembing ke arah Ai, karena pada momen itulah TUHAN menyerahkan Ai ke tangan Yosua dan Israel. TUHAN tidak hanya memberi petunjuk dalam merencanakan peperangan; tetapi juga ketika peperangan berlangsung, mata TUHAN tertuju kepada Israel dan Ia memberi pimpinan tentang apa yang harus mereka lakukan.

Penerapan:

  1. Carilah Tuhan, carilah pimpinan Tuhan. Kunci keberhasilan orang percaya adalah: memiliki janji Tuhan dan mentaati perintah Tuhan.
  2. Dengarkanlah Dia bukan hanya ketika membuat rencana, tetapi sepanjang pelaksanaan rencana itu, terus dengarkan petunjuk-Nya.

Views: 7

This entry was posted in Perjanjian Lama, Refleksi, Yosua. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *