Misi, Iman, Ketaatan

Yosua 1:1-9

Perintah TUHAN: Bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan menuju negeri yang akan kuberikan kepada orang Israel. (1-2) Janji TUHAN: Setiap tempat yang diinjak, sudah Kuberikan kepadamu, sesuai firmanKu kepada Musa. (3-4) Janji TUHAN: Tidak ada yang akan bertahan menghadapimu seumur hidupmu. Aku akan menyertaimu sama seperti aku telah menyertai Musa; Aku tidak akan gagal, aku tidak akan meninggalkanmu. (5)

Perintah TUHAN: Jadilah kuat dan berani, sebab engkau akan memberikan bangsa ini tanah yang sudah kujanjikan kepada leluhur mereka. (6) Perintah TUHAN: Jadilah kuat dan sangat berani. Hati-hatilah untuk melakukan semua hukum Musa; jangan menyimpang ke kiri atau ke kanan, supaya kamu berhasil ke manapun kamu pergi. (7) Perintah TUHAN: Kitab Hukum ini jangan sampai lepas dari mulutmu, tetapi renungkan siang dan malam, supaya engkau hati-hati melakukan semua yang tertulis di dalamnya, sehingga semua jalanmu beruntung, dan engkau akan berhasil. (8) Perintah TUHAN: Jadilah kuat dan pemberani–sebab AKU telah memberikan peirntah kepadamu! Jangan gentar atau takut, sebab TUHAN menyertaimu kemanapun engkau pergi.

TUHAN memberi perintah/misi kepada Yosua untuk dilakukan, dengan jaminan (kepastian/garansi) dari TUHAN, bahwa misi itu pasti akan berhasil. Dalam melakukan misi itu, Yosua harus kuat dan berani, sebab TUHAN akan menyertai, dan ada jaminan bahwa TUHAN tidak akan meninggalkan Yosua. Dalam melakukan misi itu, Yosua harus mengerjakannya dengan taat total kepada hukum-hukum TUHAN, sebab ketaatan itu akan membuatnya berhasil. Supaya bisa taat kepada hukum-hukum TUHAN, Yosua harus terus-menerus memegang Ktab Suci dan merenungkannya siang dan malam.

Misi yang jelas dari Tuhan. Mental yang kuat karena percaya kepada Tuhan. Hidup yang taat kepada Firman Tuhan.

Views: 6

This entry was posted in Perjanjian Lama, Refleksi, Yosua. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *