Terus Bertumbuh Seumur Hidup

2 Petrus 1:11

Petrus menguatkan jemaat agar tidak berhenti atau cukup puas karena telah memperoleh keselamatan di dalam Kristus, tetapi agar mereka terus bertumbuh di dalam karakter illahi. Sebab pertumbuhan itu akan menghasilkan kehidupan yang kokoh, yang akan membuat mereka tidak tersandung, sampai hari di mana mereka akan masuk ke dalam Kerajaan Allah yang Kekal.

Modal untuk pertumbuhan itu sudah diberikan oleh Allah kepada semua orang percaya, yaitu: (1) segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh; (2) janji-janji yang berharga dan yang sangat besar untuk menolong mengambil bagian dalam kodrat illahi, yaitu kekudusan yang luput dari hawa nafsu (ayat 1-4).

Dengan modal itu, orang percaya harus sungguh-sungguh berjuang untuk bertumbuh di dalam hidup rohani mereka. Beberapa bidang pertumbuhan yang disebutkan oleh Petrus antara lain: kebajikan, pengetahuan, penguasaan diri, ketekunan, kesalehan, dan kasih kepada semua orang (ayat 5-7).

Buah dari pertumbuhan watak itu adalah: (1) orang percaya akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalan akan Tuhan Yesus Kristus; (2) membuktikan bahwa mereka menghargai keselamatan dan pengampunan dosa dari Allah; (3) memiliki kehidupan yang kokoh dan tidak akan pernah tersandung (ayat 8-9).

Hasil akhir dari ketekunan dalam pertumbuhan seumur hidup itu ialah: dikaruniai hak penuh untuk memasukai Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan Yesus Kristus (ayat 10-11).

Views: 9

This entry was posted in 2 Petrus, Perjanjian Baru, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *