Berkat Atau Kutuk

Imamat 26

Berkat Tuhan (ayat 4-13): (a) Tuhan memberi hujan, pertanian akan menghasilkan panen melimpah, pemenuhan kebutuhan; (b) kekuatan dan keamanan, tidak takut oleh musuh, kemenangan atas musuh; (c) pelipatgandaan, jumlah semakin besar, pertumbuhan (d) Tuhan hadir dan berjalan bersama, menjadi pemilik umatNya.

Hukuman Tuhan (ayat 14-39): (a) Tuhan memberi ketakutan, perampasan dan kekalahan dari musuh; (b) mematahkan kekuatan/power, panas dan kekeringan, pertanian gagal; (c) mendatangkan binatang buas menyernag hewan dan manusia; (d) mendatangkan wabah penyakit dan kekalahan dari musuh; kelaparan; (e) mendatangkan kelaparan yang parah sampai harus memakan anaknya sendiri, menghancurkan semua berhala, menghancurkan kota, membuang ke antara bangsa-bangsa, yang masih tinggal menjadi lemah hati dan dimusnahkan.

Hukuman Tuhan itu bertahap–Tuhan memberi kesempatan kepada umat-Nya untuk berbalik. Apabila satu hukuman diberikan, dan umatNya tetap tidak bertobat, Tuhan akan meningkatkan hukuman ke tahap berikutnya yang lebih berat: “tujuh kali lipat karena dosamu” (ayat 18, 21, 24, 28).

Apabila umat Tuhan bertobat: mengakui kesalahan mereka dan nenek moyang mereka, mengakui bahwa sudah hidup bertentangan dengan ketetapan Tuhan, hati sudah tunduk, dan sudah tekun menanggung hukuman (ayat 41)–Tuhan akan mengingat perjanjian dengan umatNya.

Views: 8

This entry was posted in Imamat, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *