Hari Penebusan

Imamat 16:1-34

Perintah Tuhan tentang bagaimana Harun sebagai Imam Besar bisa masuk ke Ruang Mahakudus dalam Kemah Suci. Perintah ini diberikan terkait dengan kematian dua anak Harun yang membawa api asing di hadapan Tuhan (Imamat 10:1). Ritual ini dilakukan setahun sekali pada hari ke-10 bulan ke-7, yang kemudian dinamai Hari Penebusan (Day of Atonement/Yom Kippur). Selain ritual korban dan penebusan, hari itu ditetapkan sebagai hari sabat, tidak boleh ada yang bekerja, semua harus berpuasa, dan harus merendahkan diri di hadapan Tuhan.

Tujuan Hari Penebusan adalah: untuk menebus Kemah Suci, kemah pertemuan, altar, imam-imam, dan seluruh umat Tuhan dari seluruh dosa mereka. “Karena pada hari itu harus diadakan pendamaian bagimu untuk mentahirkan kamu. Kamu akan ditahirkan dari segala dosamu di hadapan TUHAN.” (Imamat 16:30).

Terpujilah Tuhan yang telah memberikan Anak-Nya untuk menjadi Korban Penebusan bagi manusia. Darah Kristus yang tercurah di Golgota adalah darah yang penebus dosa–seluruh dosa saya: each and every sins are forgiven because of the blood of The Lamb of God.

Views: 7

This entry was posted in Imamat, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *