The Lord’s Prayer

Yohanes 17:1-26

Tuhan Yesus berdoa kepada Bapa agar Bapa mempermuliakan Anak-Nya, sehingga Anak-Nya juga mempermuliakan Bapa. Bapa mempermuliakan Tuhan Yesus dengan: kuasa untuk memberikan hidup kekal kepada orang yang percaya kepada-Nya. Kemuliaan Tuhan Yesus adalah: melalui-Nya orang memperoleh hidup yang kekal. (ayat 1-5)

Tuhan Yesus berdoa untuk murid-murid, yaitu orang-orang yang sudah menerima firman-Nya dan sungguh-sungguh percaya kepada-Nya. Tuhan Yesus berdoa untuk murid-murid karena mereka adalah milik Bapa. Permintaan Tuhan Yesus untuk murid-murid-nya (perlindungan, pengudusan, kesatuan, kemuliaan):

Pertama. Karena Tuhan Yesus harus meninggalkan murid-murid di dunia, maka Ia meminta supaya Bapa memelihara (menjaga, mengawasi) mereka di dalam Nama-Nya, sehingga mereka tetap menjadi satu di dalam persekutuan dengan Bapa dan dengan Tuhan Yesus. “Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.” (1 Yoh. 1:3b).

Kedua. Karena murid-murid harus tinggal di dunia yang membenci mereka, maka Ia meminta agar Bapa melindungi mereka dari Si Jahat. Tuhan Yesus juga meminta agar mereka dikuduskan dengan firman Tuhan. Pengudusan hidup melalui firman Tuhan adalah cara Tuhan melindungi murid-murid dari si Jahat.

Ketiga. Karena murid-murid diutus untuk pergi ke dalam dunia, maka Tuhan Yesus berdoa untuk orang-orang yang akan percaya karena pemberitaan murid-murid, supaya orang-orang ini dipersatukan dalam kesatuan seperti Bapa dan Tuhan Yesus.

Keempat. Tuhan Yesus meminta agar murid-murid ada bersama Tuhan Yesus di mana Ia berada dan melihat kemuliaan Tuhan Yesus. Supaya murid-murid memiliki kasih Allah dan memiliki persekutuan kekal dengan Tuhan Yesus.

Views: 7

This entry was posted in Perjanjian Baru, Refleksi, Yohanes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *