Penolong Yang Sejati

Yohanes 16:5-15

Murid-murid menjadi sedih karena mendengar Tuhan Yesus akan pergi kepada Bapa. Tetapi Tuhan Yesus berkata bahwa lebih baik bagi murid-murid kalau Ia pergi, supaya Ia mengutus Penolong (Roh Kudus) datang kepada murid-murid.

Pekerjaan Roh Kudus kalau Ia datang: menginsyafkan (reprove, rebuke, convict, convince, tell a fault) dunia mengenai dosa, kebenaran, dan penghakiman. Roh Kudus akan menyatakan bahwa dunia berdosa karena tidak percaya kepada Kristus. Roh Kudus akan menyatakan kepada dunia tentang kebenaran Kristus–Kristus adalah kebenaran. Roh Kudus akan menyatakan kepada dunia bahwa Tuhan sudah menghakimi Si Jahat dan akan menghukumnya.

Pekerjaan Roh Kudus di dalam hidup murid-murid: memimpin mereka kepada seluruh kebenaran. Karena semasa Tuhan Yesus bersama mereka, masih banyak kebenaran yang belum bisa diberikan kepada murid-murid, karena murid-murid belum sanggup untuk menerimanya. Warren Wiersbe menulis: He teaches us the truths we need to know, when we need them, and when we are ready to receive them.

Roh Kudus mengajarkan kebenaran-kebenaran yang berasal dari Allah, Roh Kudus akan memuliakan Tuhan Yesus, sebab Ia memberikan kepada murid-murid apa yang diterima-Nya dari Tuhan Yesus. Dan segala sesuatu yang Allah Bapa punya, adalah kepunyaan Tuhan Yesus. Allah Bapa, Putra, dan Roh Kudus tidak pernah saling bertentangan; selalu dalam harmoni dan kesatuan.

Tuhan Yesus sudah mengutus Roh Kudus untuk datang dalam hidup saya. Roh Kudus di dalam saya akan membawa saya kepada seluruh kebenaran Allah yang perlu saya mengerti dan terima. Bagian saya: meminta pengertian dan menyediakan diri (waktu, perhatian, usaha) untuk mendengarkan pernyataan kebenaran oleh Roh Kudus.

Views: 7

This entry was posted in Perjanjian Baru, Refleksi, Yohanes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *