Rahasia Hidup Berbuah

Yohanes 15:1-8

Tuhan Yesus memberikan perumpamaan pokok anggur untuk mengajarkan bahwa murid-murid tidak bisa menghasilkan buah kehidupan apabila tidak terus-menerus tinggal di dalam-Nya. Hidup yang memuliakan Tuhan adalah hidup yang berbuah banyak (8); hidup yang berbuah banyak juga menjadi bukti bahwa seseorang adalah murid Kristus yang sejati. Berbuah banyak juga berarti: menerima semua yang diminta kepada Tuhan.

Rahasia hidup yang berbuah banyak:
(1) Melekat pada Pokok Anggur. Ranting tidak bisa berbuah dari dirinya sendiri, ia harus tinggal pada pokok anggur, sebab pokok anggur yang menjadi sumber kehidupannya: “sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” (ayat 5); (2) Dibersihkan oleh Bapa, supaya lebih banyak berbuah (ayat 2). Bapa membersihkan hidup murid-murid dengan firman-Nya; (3) Praktisnya: hidup yang terus menerus bersekutu dengan Tuhan dan firman Tuhan tinggal di dalam hidup. Relasi dengan Tuhan dan ketaatan kepada firman Tuhan.

Bersekutu dengan Tuhan. Membawa semua aspek kehidupan kepada Tuhan, dan mentaati firman Tuhan. Tidak memakai cara sendiri dengan kekuatan sendiri. Sebab di luar Tuhan, saya tidak dapat berbuat apa-apa.

Views: 7

This entry was posted in Perjanjian Baru, Refleksi, Yohanes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *