Hidup Kekal Sekarang, Di Sini

Yohanes 8:31-59

Yesus menunjukkan hidup yang seharusnya dimiliki seorang yang sungguh-sungguh percaya kepada-Nya: memegang pengajaran-Nya. Ciri murid Kristus adalah: tetap di dalam firman Tuhan (hold fast to His teaching and live in accordance with them – Amp).

Percaya kepada Yesus lebih daripada sekedar lepas dari hukuman. Hidup kekal bukan sekedar mendapat “kartu bebas” neraka–yang nanti diperoleh setelah melewati garis kematian. Hidup kekal adalah juga kehidupan sekarang, selama di bumi ini.

Hidup di dalam Yesus: (1) dimerdekakan dari perhambaan dosa–tidak lagi harus tunduk kepada kemauan dosa, punya kekuatan untuk berkata tidak kepada dosa; (2) hidup yang mencintai dan melakukan kebenaran–mendengarkan firman Allah, mencintai firman Allah, hidup melakukan kebenaran firman Allah; (3) tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya–terus-menerus melihat dan memiliki relasi dengan Tuhan, sekarang ketika masih hidup di bumi, dan nanti ketika hidup di dalam kekekalan.

Pada bagian ini, Tuhan Yesus malah tidak bebricara tentang neraka atau hukuman. Ia berbicara tentang kehidupan yang baru. Kehidupan yang mengalami perubahan mendasar dalam relasi dengan dosa, dengan firman, dan dengan Tuhan sendiri. Kehidupan yang sudah dimulai dan dialami sekarang, ketika masih hidup di bumi–sampai nanti di dalam kekekalan.

Views: 7

This entry was posted in Perjanjian Baru, Refleksi, Yohanes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *