Batas-batas Pelayanan

Bilangan 4:1-49

Tiap bani dari Suku Lewi disensus dengan batas usia 30-50 tahun untuk melayani di Kemah Suci. Bani Kohat mengurus barang-barang maha kudus, dipimpin oleh Eleazar. Bani Gerson mengurus kain, tudung, tirai, dan layar Kemah Pertemuan. Bani Merari mengurus papan, kayu, patok, dan tali Kemah Pertemuan. Bani Gerson dan merari dipimpin oleh Itamar.

Aturan khusus terkait barang-barang maha kudus, hanya Harun dan anak-anaknya yang diperbolehkan untuk melihat dan menyentuh langsung. Setelah semua barang maha kudus itu dibungkus sesuai ketetapan Tuhan, barulah bani Kohat boleh datang untuk mengangkatnya. Apabila ini dilanggar, maka akan mendatangkan hukuman kematian.

Ada perkara-perkara yang hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang dipilih dan ditetapkan oleh Tuhan. Ini bukan masalah siapa yang lebih mampu. Ini masalah otoritas Tuhan untuk menetapkan orang yang melayani-Nya. Pastikanlah bahwa kamu hanya mengerjakan apa yang Tuhan sudah tetapkan kepadamu. Jangan melanggar otoritas Tuhan, dengan melakukan apa yang tidak Tuhan percayakan kepadamu. Pasti ada konsekuensi yang serius apabila kamu melanggarnya.

Apabila ada kerindunan untuk melakukan suatu pelayanan tertentu, tanyakan dulu kepada Tuhan apakah memang Tuhan berkenan memakaimu. Apabila belum ada panggilan yang jelas dari Tuhan, jangan melangkah untuk melakukannya. Serius untuk mendoakannya lebih dahulu, tunggu sampai Tuhan memberikan janji yang jelas.

Views: 7

This entry was posted in Bilangan, Perjanjian Lama, Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *