Mereka Yang Dipilih Tuhan

Matius 22:1-14

Perumpaman perjamuan kawin seorang raja. Seorang raja telah menyiapkan sebuah perjamuan kawin untuk; tetapi semua orang yang sudah berkomitmen untuk datang tidak mau datang. Raja menjadi murka dan mengutus pasukannya untuk untuk membinasakan mereka.

Raja lalu memerintahkan hamba-hambanya untuk mengumpulkan siapapun yang ditemui di jalan-jalan untuk hadir di dalam pesta itu. Banyak yang datang-tapi ada satu orang yang datang tanpa mengenakan baju pesta–dan raja menghukum orang itu.

Mat 22:14 “For many are called, but few are chosen.” Raja mengundang tamu2 yang direncanakan, lalu raja mengumpulkan semua orang–yang tidak direncanakan untuk masuk ke dalam ruang pesta. Ada 3 macam orang: (1) tamu undangan yang sengaja menolak memenuhi janji untuk datang; (2) orang yang datang tetapi tidak memakai baju pesta; (3) orang yang datang dan mengenakan baju pesta. Ada 3 jenis orang yang diundang, hanya orang nomor (3) yang dipilih.

Apa yang membedakan: sikap/respons terhadap undangan sang raja–orang nomor (1) dan nomor (2) tidak menunjukkan penghargaan kepada undangan raja; dan itu mendatangkan hukuman raja atas mereka. Respons yang menunjukkan penghargaan dan kesungguhan kepada panggilan Tuhan.

Views: 7

This entry was posted in Refleksi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *