Restorasi

Yohanes 21:1-14

Penampakan Tuhan Yesus yang ke tiga kepada murid-murid. Murid-murid sudah tidak di Yerusalem, mereka sekarang di Galelia untuk menunggu Tuhan (Mat 26:32, 28:7-10; Mar 16:7). Dalam masa menunggu itu, Simon memutuskan untuk pergi mencari ikan. Murid-murid lain mengikuti Simon. Mengapa mereka kembali mencari ikan? Bukankah mereka sudah meninggalkan segala-galanya untuk menjadi murid Tuhan?

Semalaman mereka berusaha mencari ikan, dan tidak menangkap satu ekorpun! Mereka tentu sangat giat dan bekerja keras semalaman–tetapi sama sekali tidak ada hasilnya. Esok paginya, ketika subuh, Tuhan Yesus berdiri di pantai dan berseru memanggil mereka. Tuhan Yesus memerintahkan mereka untuk melempar jala ke sisi kanan perahu dan menjanjikan bahwa mereka akan mendapat ikan. Ketika mereka melakukannya, jala mereka penuh dengan ikan yang besar!

Ketika mengetahui bahwa Tuhan Yesus yang berdiri di pantai, Simon terjun ke air dan berenang ke pantai. Murid-murid yang lain mengikuti dengan perahu sambil menarik jala yang penuh ikan. Waktu mendarat, mereka melihat api unggun, di atasnya sudah ada ikan dan ada beberapa roti. Tuhan Yesus memerintahkan agar mengambil beberapa ikan yang baru ditangkap, lalu mengundang murid-murid untuk sarapan.

Tuhan Yesus bertanya kepada Patrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?”. Sampai tiga kali Tuhan menanyakannya. Tiga kali Petrus menjawab bahwa ia mengasihi Tuhan. Tiga kali Tuhan memberikan perintah agar Petrus menggembalakan domba-domba Tuhan. Ketika Tuhan Yesus pertama memanggil Petrus, ia dipanggil sebagai penjala manusia–sekarang, ketika Tuhan Yesus memulihkan Patrus, ia dipanggil menjadi gembala rohani. Tuhan Yesus juga menubuatkan bagaimana Petrus akan mati untuk memuliakan Tuhan.

Tuhan Yesus lalu memanggil Petrus untuk mengikuti Dia–mungkin untuk memberi petunjuk yang lebih detil. Melihat Yohanes mengikuti mereka, Petrus bertanya tentang masa depan Yohanes. Tuhan Yesus berkata: tidak usah memikirkan hal itu, Tuhan punya rencana-Nya sendiri atas Yohanes. Tetapi, Tuhan berkata bahwa Petrus harus mengikuti Tuhan Yesus.

Views: 11

This entry was posted in Perjanjian Baru, Refleksi, Yohanes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *