Sang Terang Kehidupan

Yohanes 8:12-20

“Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” (Yoh 8:12). Seperti matahari yang menjadi sumber terang dan sumber energi bagi kehidupan di bumi, demikianlah Yesus di dalam hidup orang yang percaya kepada-Nya. He is the source of light and power for the believers.

Ketika seseorang tidak mengikuti Yesus, maka ia kehilangan sumber terang dan akan hidup dalam kegelapan. Tanpa terang, ia akan hidup dalam kegelapan, kebingungan, tidak tahu arah, tidak bisa melihat letak dan posisi, kehilangan orientasi. Tanpa terang, kegelapan menguasai; dosa, kedagingan, hawa nafsu, keduniawian menjadi dominan dan melingkupi hidupnya.

Ketika seseorang tidak mengikuti Yesus, maka ia kehilangan sumber energi dan kekuatan untuk menjalani hidup. Tanpa energi, ia akan hidup tak berdaya, tidak kuat, kalah melawan tekanan kehidupan dan persoalan. Tanpa energi, ia tidak bisa menjalani hidup dan melakukan pekerjaaannya dengan semangat, dengan kekuatan, tapi menjadi lemah, lelah, dan apatis.

Kebenaran yang sederhana, yang sangat mendasar, yang bisa jadi sudah menjadi sesuatu yang sudah terlalu sering dan biasa diucapkan: tanpa Tuhan hidup akan menjadi sesuatu yang sangat berat, bahkan mustahil untuk dijalani. Tetapi, nyatanya, dari waktu ke waktu, masih saja orang berpikir bisa menjalani hidup dengan cara dan kekuatannya sendiri, tanpa mengikuti Yesus, Sang Terang Hidup.

Views: 7

This entry was posted in Perjanjian Baru, Refleksi, Yohanes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *