Kedatangan Tuhan

Ibadah Minggu GKJ Karanganyar

Yesaya 64:1-9

Gambaran kedatangan Tuhan! Ia membuka langit dan turun. Akibatnya: semua gunung boncang, hutan terbakar hebat, semua bangsa gemetar. Kedatangan Tuhan itu tidak pernah diduga–belum pernah terbayangkan, belum ada yang melihat dan mendengar pekerjaan allah yang seperti Tuhan! (ayat 1-4)

Tuhan melakukan kedahsyatan itu untuk orang-orang yang menantikan Dia (ayat 4). Siapa yang akan ditemui Tuhan? Orang yang melakukan kebenaran dengan gembira, yang mengingat pekerjaan Tuhan (ayat 5).

Tetapi, faktanya, umat Tuhan tidak hidup seperti itu. Justru hidup dalam dosa–hidup berdosa untuk waktu yang sangat lama, hidup sebagai orang yang najis, kebaikan tak berarti (dibandingkan dengan dosanya), dibawa arus kejahatan, tidak ada yang mencari Tuhan–Tuhan menyembunyikan wajahNya dan menyerahkan umatNya ke dalam dosa mereka (ayat 5-7).

Doa pengakuan bahwa Tuhan adalah Bapa umatNya, Tuhan adalah tukang periuk bagi umatNya yang adalah tanah liat, hidup umat ada di tangan Tuhan sepenuhnya (ayat 8). Doa permohonan belas kasihan Tuhan: agar Tuhan tidak lagi murka, agar Tuhan tidak terus mengingat kesalahan umatNya, agar Tuhan melihat keadaan umatNya (ayat 9).

Ya Tuhan, kasihanilah saya. Saya sudah hidup terlalu lama di dalam dosa dan kejahatan saya. Saya sudah terlalu lama hidup di luar kehendakMu. Hidup saya rusak dan penuh dengan kesulitan karena dosa dan pelanggaran saya sendiri.

Ya Tuhan, kasihanilah saya. Ampunilah dosa saya, tolonglah saya untuk keluar dari sumur dosa saya ini, tolonglah saya lepas dari semua jerat kejahatan saya ini. Lepaskanlah saya, selamatkanlah saya.

Ya Tuhan, kasihanilah saya. Sebab hanya Engkau yang berdaulat dan berkuasa atas hidup saya. Engkau yang memegang hidup saya. Hanya Engkau yang bisa menyelamatkan saya.

Ya Tuhan, inilah hidup saya. Ya Tuhan, tolonglah, tolonglah saya.

Views: 8

This entry was posted in Homili. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *