Dengan Kuasa Siapa Kamu Melakukannya?

Ibadah Paskah Gereka Kristen Kalam Kudus Surakarta

Kisah Para Rasul 4:1-22

Dengan kuasa dan atas nama siapa engkau melakukan semua itu? Dalam nama Tuhan, karena diperintahkan oleh Tuhan, di bawah pimpinan Tuhan, dengan kuat kuasa dari Tuhan. Menunjukkan bukti nyata yang ada di depan mata, bukti yang tidak terbantahkan–bukti pekerjaan Tuhan, bukti otoritas dari Tuhan. Bukan wacana, bukan klaim, bukan teori atau argumen.

Tetapi, sekalipun sudah melihat bukti dengan mata kepala sendiri–tetap saja ada orang, bahkan banyak orang yang tidak percaya. Sebaliknya, ada yang tidak melihat, tetapi percaya. Dan tentu saja ada orang yang melihat dan percaya! Jadi, titik persoalannya bukan pada: apakah seseorang melihat atau tidak melihat, melainkan apakah Tuhan mengaruniakan iman/ kepercayaan itu di hati seseorang.

Lukas 11:44–perumpamaan tentang kubur tanpa tanda: seperti taman yang indah, sampai-sampai orang yang berjalan di atasnya tidak tahu bahwa itu adalah kuburan. Perumpamaan ini dipakai Tuhan untuk menggambarkan para ulama pada waktu. Tidak mau percaya kebenaran Tuhan, dan berusaha menghambat orang lain untuk mendengar dan menerima kebenaran Tuhan.

Tidak ada siapapun dan apapun yang bisa merebut saya dari kasih Tuhan! Apapun penderitaan yang harus dialami, selama masih ada di dalam Tuhan maka semua akan baik-baik saja. Ingat, dunia ini bukan rumahmu. Dunia ini tidak layak bagimu. Memikirkan perkara yang di atas adalah: persekutuan dengan Tuhan selama-lamanya.

Karena ada yang memandang perkara yang di atas dengan perspektif duniawi: memikirkan kenikmatan di sorga, dilayani malaikat, berjalan-jalan di istana yang indah, dan melakukan semua aktivitas-aktivitas yang dianggap sebagai kesenangan di dunia ini–tetapi lokasinya di sorga, kualitas kesenangannya sempurna!

Penerapan
Dengan kuasa dan atas nama siapa saya melakukan apa yang sedang saya lakukan?

Views: 10

This entry was posted in Homili, Kisah Para Rasul, Perjanjian Baru. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *